Bagaimana Mencapai Tujuan Keuangan Keluarga???

1 03 2009

Ketika sebuah keluarga mempunyai tujuan keuangan dimasa depan (spt memiliki mobil, rumah, berlibur, sekolah dll) tetapi belum mengetahui bagaimana cara untuk mencapainya (berapa besar uang yang harus ditabung) sehingga frustasi,  karena kondisi keuangan saat ini tidak akan mampu untuk mencapai tujuan tersebut, maka artikel ini dibuat untuk memandu mengatasi problem diatas. 

Untuk mengatasi problem tersebut , terdapat 3 step (langkah) sebagai berikut: 

Step 1: Memahami kondisi keuangan keluarga saat ini

Step 2: Menentukan tujuan keuangan keluarga dimasa depan

Step 3: Usaha-2 yg dilakukan agar tujuan keluarga dapat dicapai

 

Detail penjelasan tentang 3 step tersebut dapat anda dowload di blog ini, tetapi secara general setiap step akan membahas hal-2 berikut:

 

STEP 1 : Memahami kondisi keuangan saat ini.

STEP ini enjelaskan 3 tools yg dapat memberikan panduan dalam menganalisa/mengetahui kondisi keuangan keluarga yaitu:

 

1. Membuat cash flow keuangan keluarga

Tools pertama adalah Laporan Keuangan Keluarga (Cash Flow). Cash flow memberikan informasi besarnya penghasilan, pembayaran hutang dan tabungan setiap bulan. Adapun tabungan yang ideal adalah dengan nilai minimal sebesar 10% atau 30% dari total gaji yg diterima. Berikut adalah contoh laporan cash flow keuangan keluarga.

 personal-finance-cikarang1

Untuk memudahkan pembahasan kita, maka contoh laporan keuangan keluarga diatas akan kita jadikan sebagai kasus acuan. Dapat kita lihat total penghasilannya sebesar 3.5 juta dan total tabungannya adalah 0 bahkan -10% (minus) dari total penghasilan. Keluarga dengan profile keuangan seperti ini adalah contoh kondisi yang tidak sehat.

 

 

2. Membuat neraca keuangan keluarga

Tools kedua adalah neraca keuangan keluarga, adalah untuk memberikan informasi posisi total harta, hutang dan tabungan yang kita miliki. Secara sederhana, Harta yang kita miliki berasal dari hutang dan tabungan. Agar lebih gampang, mari kita lihat contoh neraca keuangan berikut:

personal-finance-cikarang2

Dari contoh neraca keuangan keluarga diatas, dapat kita ketahui total harta sebesar 13.1 juta. Dimana harta ini didapatkan dari berhutang sebesar 42% dan dari tabungan sebesar 58%. Neraca ini memberikan panduan kepada keluarga untuk besarnya total hutang. Diusahakan tidal lebih dari 30% total harta. 

 

3. Membuat portfolio harta keluarga

Tools ketiga dari step 1 adalah membuat laporan portfolio harta. Dimana Harta diklasifikasikan sebagai harta produktif dan harta konsumtif. Buatlah list seluruh harta anda dan lakukan klasifikasi. Berapakah harta anda yg produktif? Tools ini memberitahu anda apakah selama ini keputusan keuangan yg dibuat sudah benar? atau setidaknya memberikan panduan untuk mengambil keputusan dimasa yg akan datang. Berikut contoh laporan protfolio keuangan keluarga:

personal-finance-cikarang3

Dari portfolio diatas kita ketahui, ternyata komposisi harta produktif sebesar 24% dan konsumtif 76%.  Sebaiknya harta produktif lebih banyak dibandingkan dengan harta konsumtif.  

STEP 2 : Menentukan tujuan keuangan keluarga

Adapun tujuan/mimpi keuangan keluarga sebagai berikut:

personal-finance-cikarang4

Setelah menentukan tujuan keluarga, langkah yang paling penting adalah menentukan berapa besarnya tabungan yang harus dikumpulkan. Silahkan download file excel berikut . Didalam file yg anda download, dapat memandu anda untuk membuat perencanaan keuangan. Cukup dengan mengisi asumsi maka excel template ini akan menunjukkan berapa besarnya tabungan yang diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan tersebut.

Untuk kasus kita kali ini, keluarga tersebut menetapkan hanya satu tujuan keuangan keluarga, yaitu pendidikan anak, jika tabungan tersebut disimpan di deposito dengan bunga 6% setahun, maka tabungan setiap bulan haruslah sebesar 1.3 juta setiap bulan.  Detail perhitungan untuk persiapan pendidikan anak sbb:

 

presentation12

Jika kita bandingkan kondisi keuangan saat ini, maka terdapat GAP Rp 1.7 juta/bulan, dimana kondisi saat ini -10% sedangkan tujuan keuangan masa depan menuntut minimal tabungan sebesar 1.3 juta perbulan. Nah disinilah diperlukan step 3 untuk menyelesaikan/mengatasi GAP tersebut.

presentation2

 

STEP 3 : Usaha-2 yg dilakukan agar tujuan keluarga dapat dicapai

Step 3 ini bertujuan untuk mengatasi gap jika kondisi saat ini (uang yang dapat ditabung setiap bulan) lebih kecil dari tabungan seharusnya (tabungan untuk mencapai tujuan keuangan di step 2). Usaha yang dilakukan untuk mengatasi gap tersebut terdiri dari 2 langkah yaitu:

1.  Memperbaiki kondisi keuangan saat ini (harus bisa saving minimal 10% dan optimal 30% dari total gaji). Terdiri dari 4 tips sbb: 

  •  Memahami konsep kebutuhan dan keinginan dan kemudian Istri dan Suami harus kompak untuk melakukan pengeluaran yang sifatnya kebutuhan. Oleh sebab itu disarankan untuk membuat kebijakan keuangan keluarga seperti contoh berikut:

 

presentation3

Menentukan pos – pos pengeluaran yang bersifat keinginan. . Untuk kasus diatas maka dapatlah kita klasifikasikan antara kebutuhan dan keinginan sebagai berikut:presentation4melakukan project cost saving, eliminasi pos-pos untuk pemenuhan keinginan. Identifikasi biaya – biaya yg sifatnya keinginan yang dapat kita kurangi. Misalnya didalam biaya kebutuhans sehari-hari terdapat biaya makan bakso setiap minggu sebesar 50 rb. Maka biaya ini dapat ditekan. Lakukan untuk setiap jenis pengeluaran sehingga kita akan mendapatkan total list cost saving sebagai berikut:

presentation53

Dari project cost saving diatas dapatlah keluarga tersebut berhemat sebesar 875 ribu perbulan dan membuat laporan keuangannya positif menjadi plus 16% dari gaji atau Rp 575 rb perbulan. Laporan keuangan setelah revisi sebagai berikut:

presentation62

  • Menggunakan metode patty cash. Misalnya total pengeluaran untuk kebutuhan adalah sebear 2.5 juta/bulan, maka uang ini langsung dipisahkan. Suami/istri tidak boleh mengambil uang dari rekening lain. Harus commit dan mengusahakan uang ini cukup sampai akhir bulan.

 

 2. Menabung dan sekaligus melakukan investasi

 Terinspirasi dari pemikiran Robert T kiyosaki, Menurut saya seorang karyawan baru akan dapat mencapai tujuan keluarganya jika Ia pun berlaku/bertindak sebagai investor. Hal ini yang saya sebut “bermain di dua quadran” yaitu quadran employee (karyawan) dan Quadran investor. Rata-rata karyawan menyimpan tabungannya di instrumen tradisional seperti deposito. Dalam contoh kasus yang saya sampaikan (refer to slide prez) bahwa menabung di deposito tidak akan membuat anda mencapai tujuan keuangan keluarga. Tetapi anda harus menabung dan langsung menginvestasikan tabungan tersebut di produk – produk investasi. Sebelum anda berinvestasi haruslah memahami bahwa investasi memiliki resiko. High risk – High return. Saya pribadi adalah risk taker, sehingga lebih memilih untuk mengambil action untuk berinvestasi, walaupun beresiko tetapi mempunyai kemungkinan untuk mencapai seluruh tujuan keuangan keluarga. Bagaimana dengan anda??? Jika tabungan tersebut langsung diinvestasikan di sebuah instrumen dengan return 20%-30% misalnya maka tabungan yang harus dikumpulna setiap bulannya hanyalah sebesar Rp 217 ribu perbulan. Detail perbandingan nya sbb:

presentation71

Finally, dengan melakukan step 1-3, maka kondisi keuangan anda akan menjadi sebagai – berikut:

presentation8

 Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 Sony Mayuvi

 

 

About these ads

Actions

Information

66 responses

28 03 2009
Anung

Bro … Excell-nya ndak bisa di download … kirim via japri bisa ndak … tku

27 04 2009
Ridu

Mate,
Please di share dong template excell nya or kirim via email yah .. tengkyu

7 05 2009
nicky

Wah..tulisannya bagus sekali dan sangat bermanfaat nih untuk saya boleh minta dikirim via email mas, copy-annya?
nabila_0912@yahoo.com

Terima kasih banyak sebelumnya..

15 05 2009
masbowo

tolong dong format excel-nya kirim via e-mail. bagus banget tuh artikelnya…..thanks….

18 05 2009
Sony

Tempalate excel sudah dikirimkan, semoga bermanfaat.

sony

27 08 2009
Widi

memberi lebih baik dari meminta…
semoga mendapat kebaikan dari sang Khaliq
gw juga nunggu format excelnya…
asap ya heheheee..
thx

18 05 2009
putri

Mas Son…
Keyen (bhs maliq yang artinya keren)…

23 05 2009
Tony

Artikel yang sangat bermanfaat untuk keluarga indonesia. Mas Sony boleh minta file excel kirim ke email saya. Terima kasih.

26 05 2009
inimi

Mas, bisa dikirimkan via email utk template excelnya.. benar2 menarik..walaupun sekilas tampak rumit..tp oke nih hehehe..

thanks seblmnya

29 05 2009
eko

Bisa minta dishare template excelnya

Bagus sekali untuk manajemen keuangan keluarga. Well done

9 06 2009
zaki

Asslm wr wb

uda boleh minta templatenya tah

trims

21 06 2009
Opie

Mas, bisa minta dikirimkan format excel-nya ke e-mail saya.
Terma kasih sebelumnya, saya tunggu ya :)
Great job ! sangat sangat bermanfaat…

1 07 2009
adam

Wah mas! terimakasih banyak untuk tulisannya. Kebetulan saya sedang mencari ide untuk hal-hal seperti ini dan menemukan tulisan Mas.
Kalau boleh saya mohon dikirimkan format excel ke email saya. Terimakasih banyak sebelumnya. Sukses selalu buat Mas ^^

5 07 2009
rimuel_widodo

Mas, mau juga donk dikirimin template excelnya.
bagus sekali untuk diteramkan.
thx

18 07 2009
Rian

Hi Son,
apa kabar? bagus nih tulisannya?
will read throuh this ntar kalo ada pertanyaan tolong dibantu ya pak?

28 07 2009
Firman

assalamu’alaikum, stlh baca tulisannya bagus sekali, sangat bermanfaat. minta dikirim jg format excel-nya yaa. terima kasih, dengan memberi akan semakin banyak pahala yang didapat.

1 08 2009
Novri

Halo Mas Sony, semoga masih inget saya nih, saya tertarik artikel nya nih mas, boleh minta file excel nya mas? he3.. trims ya Mas.

-Novri-

27 08 2009
Widi

pls… gw juga minta doong format excelnya..
asli buagus bgt… very important to me… secara gw orngnya boros bgt.. heheheee
thx
tak tunggu
asap ya…

29 08 2009
yssy

Assalamu’aikum Mas Sony,boleh minta format excel nya ke email saya.Terimakasih yaa…

15 09 2009
zainal ar

halo mas sony, artikelnya bagus dan bermanfaat tapi kok file template excel-nya nggak bisa di download, bisa kirim ke email saya mas, terima kasih banyak sebelumnya

18 09 2009
Amel

Artikelnya sangat menarik. Infonya juga sangat bermanfaat.
Boleh minta dikirim by email kah file excel nya?

Thank you,
Amel

21 09 2009
widodo

it’s awsome !!!, boleh minta file excelnya mas sy tertarik sekali artikel nya, terimakasih banyak, …
== widodo==

23 09 2009
yan ajie

ass, mas bagus sekali artikelnya, boleh minta file excel nya juga mas??boleh ya..,,thx bnget

27 09 2009
YOTO

wadu..h makasih buanyak pak,atas pencerahanya ini saya ingin sekali mengatur keuangan keluarga agar tidak pusing.mudah2an kedepan bisa lancar dan tidak mumet lagi dalam mengatur keuangan keluarga dan bisa memenej keuangan keluarga sakinah.makasih pak ya…penghasilan yg halal sekecil apapun bila diatur rasanya berkah…makasih sekali lagi pak.
dan salam sejahtera untuk kita semua..

MINTA FORMAT EXELNYA PAK YA….TERIMA KASIH BUANYAK.

3 10 2009
hananto edy

mas boleh minta file templatenya?
terima kasih telah nge-share ilmunya

7 10 2009
Agus

Terima kasih, Pak
saya ingin bikin di rumah, mudah2an bisa mengkomunikasikannya dengan isteri setelah menikah

21 10 2009
Ivan

Salam Kenal,
Artikel yg bermanfaat, boleh minta file excel-nya.

Thanks B4

30 10 2009
rahmat

Salam kenal Pak…

Tulisan yang bagus dan bermanfaat bagi kebanyakan orang, smoga ilmu ini menjadikan bapak lebih mulia di mata Allah SWT…Amien…

Pak, mohon bantuan untuk di kirim file excel-nya…

Terima kasih atas semuanya Pak…

2 11 2009
eur

thanks alot udah sharing ilmunya mas sony, bisa tolong dishare excel templatenya ke email saya?butuh banget nih…Thanks B4. Wassalam..

8 11 2009
susy

mas,.tlong donk krimkn copyan nya k email ku..thanks ya mas

22 11 2009
krisna

waahh.. info yg sgt bermanfaat,,,
sy mau juga dunk templatenya mas,,
terima kasih sebelumnya

11 02 2010
Dicky

Pak, mohon bantuan untuk di kirim file excel-nya…

Terima kasih atas semuanya Pak…dicky.juadinata@yahoo.com

20 05 2010
Wahyu

Pak…..Boleh dong file excelnya ke email saya………bagus juga postinganya buat planning keuangan di rumah….thx

23 05 2010
Trihan M

Klo boleh dishare pak tools nya di email ke trihanmarsudi@gmail.com

Terimakasih.

25 05 2010
indra

wah..mas artikelnya sangat bermanfaat..kalau boleh saya minta dkirimkan file excelnya donk..

trima kasih sebelumnya mas..

11 06 2010
ferdinand

bagus baget blognya mas…
bisa minta format excelnya ga ya….
ferdie_baba@yahoo.com.
mksh byk…

RGDS,
_ferdie_

25 06 2010
yanti

Nice, mohon bantuan untuk dikirim file-excellnya.
Terima Kasih
yusiantini@gmail.com

21 07 2010
Firmansyah

Asw. Mas bisa dikirimkan file excelnya?
Wass. Firman

27 08 2010
willy

tlg minta temp excel, bagus sekali untuk kita@ yg sdh be keluarga, thanks ya

29 08 2010
komang

Mohon bantuannya utk mengirimkan File Excel nya Terima kasih

6 09 2010
iin

Artikelnya sangat menarik. Infonya juga sangat bermanfaat.
Boleh minta dikirim by email kah file excel nya?

Trims,
iin

6 09 2010
anita

Mas son,
Aku juga dong mau dikirimin file Excelnya soalnya juga lagi riweh soal manejemen keuangan di keluarga nih.. plis yah mas son..

Terima Kasih Banyak
Anita

18 09 2010
rahandi

Wah, keren banget, bisa di share excelnya ya.. Saya baru menikah 1 hari, jadi agar tidak terlambat mengatur keuangan…

19 09 2010
rahandi

Pak, luar biasa ulasannya, mohon bisa dibagi template nya, mengingat saya baru berkeluarga, biar tidak telat heheh…

18 10 2010
ajos

mas boleh minta file templatenya?
terima kasih telah nge-share ilmunya

29 10 2010
Hendra

Pak, mohon bantuan untuk kirim file exel-nya…
Terima kasih atas semuanya Pak….
hendra.kaat@yahoo.co.id

10 11 2010
saldi

aq minta file excelnya juga loh pak
makasih yaa mau berbagi

10 11 2010
bambang

Mas Sony,

salam kenal
boleh minta dikirimkan file excel-nya ke alamat email saya

Terima kasih
bambang S

30 11 2010
sobari

Saya juga minta dong dikirimi file exelnya, saya kira ini sangan bermanfaat untuk masa-masa sekarang ini dimana kita harus dapat mengontrol keuangan di masa sulit.

Terima kasih sebelumnya

Salam

20 12 2010
BUDIARDI

PAK SAYA JUGA BOLEH DIKIRIMIN FILE EXCELNYA
GBU

23 01 2011
aryono arya lingga

Salam kenal …

Tulisan yang bagus dan bermanfaat, trus berkarya p’….:-). P’ mohon bantuanx untuk di kirim file excel-nye ke email sy, smoga Allah SWT membalas budi baik bpk…tks

31 01 2011
lenny

Mas, boleh minta file excelnya ya.., sangat menarik dan pasti berguna utk dikembangkan sesuai kebutuhan rumah tangga masing2.
Seblumnya terima kasih ya…

2 02 2011
karna

Pak Sony,
Terima kasih artikelnya, sangat bernas.
Saya juga memohon untuk dapat dikirimkan file excell-nya untuk diterapkan dikeluarga saya. email saya : karna93@gmail.com
Semoga allah meredhoi pak sony.

Terima kasih

6 02 2011
Hend

Bagus banget nech…
Bisa minta tolong dikirim ke e-mail ya.

Thank,
Salam,

17 03 2011
novi

Pak, saya membutuhkan softcopy excell. bisa minta tolong dikirim ke email saya pak? terimakasih

19 03 2011
lilis

ass…boleh minta di kirim file excelnya ?…thx b4…

16 04 2011
boy

artikel yg bagus banget mas…
Tlg kirimkan templet excellnya via email donk, br bs bermanfaat buat yg membutuhkan

kolong_02@yahoo.co.id

Makasih bnyk sblmny mas..salam.

18 04 2011
meliana

artikelnya bagus bgt tp excelnya g bsa didownload.tolong dikirim ke emailku y mas.thanks

12 05 2011
Nikkoll

mas, pls share excel templatenya ke email saya? need ur help Thanks B4. Wassalam..

18 05 2011
Wisnu

MAs Sony…
Sungguh inspiratif, kira2 kalau tidak berkeberatan di mana saya bisa mendownload excel file nya? atau jikalau tidak merepotkan bisha share ke wjuniartanto@gmail.com ?

21 05 2011
LESDIN

Tolong dong kirim excel-nya. thank’s bangat ya

26 05 2011
Heri

Baru ketemu & baca artikel yang sangat bermanfaat, Mas Sony boleh minta file excel kirim ke email saya. Terima kasih.

15 06 2011
ifik

Bagus, pisan .. pak..
Bolehkah saya minta file nya,….pak
Terimakasih…

16 07 2011
ardina

artikel yg sangat bermanfaat,minta tlg dikirim format excelnya via email y,thx b4

9 08 2011
tedja

Artikel ini menginspirasi untuk sy yang baru berkeluarga…. sangat bermanfaat.
mohon bantuannya mas tamplate file excel’y dikirim juga ke one_tedj@yahoo.co.uk

terima kasih sdh berbagi.

9 08 2011
Mama Amos

Ilmu sederhana tetapi sangat saya harapkan, terima kasih.
Boleh disend dalam format Excelnya (Excel 2003)?
Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: